top of page

Thai Tamarind Fans

Public·101 members
Jacob Knyazev
Jacob Knyazev

Dasar-dasar Ekonometrika: Teori dan Praktik Berbasis SPSS



Dasar-dasar Ekonometrika: Teori dan Praktik Berbasis SPSS




Ekonometrika adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara variabel-variabel ekonomi dengan menggunakan metode statistika dan matematika. Ekonometrika dapat digunakan untuk menguji hipotesis, meramalkan variabel ekonomi, mengevaluasi kebijakan ekonomi, dan mengestimasi parameter ekonomi. Ekonometrika juga memanfaatkan software komputer seperti SPSS untuk melakukan analisis data.




dasardasarekonometrikapdf


Download File: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Furlin.us%2F2tKqNx&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw0NwASKeM60HIkg-WtEPE6N



Buku ini bertujuan untuk memberikan pengantar dasar tentang ekonometrika dan praktiknya dengan menggunakan SPSS. Buku ini terdiri dari sembilan bab yang meliputi:


  • Bab 1: Pendahuluan Ekonometrika. Bab ini menjelaskan pengertian, peranan, tujuan, manfaat, ruang lingkup, dan metodologi ekonometrika.



  • Bab 2: Korelasi Product Moment. Bab ini membahas tentang pengertian, rumus, syarat, interpretasi, dan aplikasi uji korelasi product moment untuk mengukur kekuatan dan arah hubungan antara dua variabel.



  • Bab 3: Regresi (Sederhana, Variabel Dummy, dan Berganda). Bab ini membahas tentang pengertian, rumus, syarat, interpretasi, dan aplikasi uji regresi untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Bab ini juga membahas tentang variabel dummy sebagai variabel independen yang bersifat kategorikal.



  • Bab 4: Normalitas (Skewness dan Kurtosis, Grafik, Kolmogrov-Smirnov). Bab ini membahas tentang pengertian, rumus, syarat, interpretasi, dan aplikasi uji normalitas untuk mengetahui apakah distribusi data mengikuti pola normal atau tidak.



  • Bab 5: Koefisien Determinasi. Bab ini membahas tentang pengertian, rumus, syarat, interpretasi, dan aplikasi uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar variasi variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen.



  • Bab 6: Autokorelasi (Metode Durbin Watson, Lagrange Multiplier, Breusch-Godfrey, dan Metode Run Test). Bab ini membahas tentang pengertian, rumus, syarat, interpretasi, dan aplikasi uji autokorelasi untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara nilai-nilai residual pada model regresi.



  • Bab 7: Heteroskedastisitas (Uji Park, Uji Grafik Scharplot, Uji Glejser, Uji Spearman). Bab ini membahas tentang pengertian, rumus, syarat, interpretasi, dan aplikasi uji heteroskedastisitas untuk mengetahui apakah terdapat ketidaksamaan varians residual pada model regresi.



  • Bab 8: Multikolinieritas. Bab ini membahas tentang pengertian, rumus, syarat, interpretasi, dan aplikasi uji multikolinieritas untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang tinggi antara variabel independen pada model regresi.



  • Bab 9: Uji Student. Bab ini membahas tentang pengertian, rumus, syarat, interpretasi, dan aplikasi uji student untuk mengetahui signifikansi masing-masing variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen pada model regresi.



Setiap bab disajikan dengan baik dan terstruktur meliputi teori atau konsep dasar,


rumus,


studi kasus,


tabel bantu analisa data,


cara manual,


langkah-langkah solusi menggunakan SPSS,


dan interpretasi output SPSS tersebut.


Buku e0e6b7cb5c


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page